Selasa, 19 Mei 2009

Sebuah Mimpi Menjadikan Indonesia Negera Yang Peduli Terhadap Lingkungan Dan Alam?

Indonesia dikenal sjeak dahulu kala dengan sumber daya alamnya yang berlimpah ruah dan manusianya yang begitu ramah.

Kurang dari 20 tahun terakhir ini kita dapat menyaksikan kerusakan lingkungan dan alam di bumi Indonesia ini dengan percepatan yang sangat luar biasa hebatnya dibantingkan sebelumnya.

Kita tidak perlu pergi jauh untuk merasakan kerusakan lingkungan dan alam itu. Kita bisa menyaksikannya sendiri disekitar rumah kita. Sudah sangat tidak nyaman lagi jika melihat keluar rumah. Atau bahkan didalam rumahpun terasa tidak senyaman dahulu akibat perkembangan yang terjadi diluar rumah.

Sekarang ini banyak developer perumahan berusaha mengembangkan perumahan dengan lingkungan yang asri bagi penghuninya. Boleh saja, itu suatu upaya yang baik. Namun secara keseluruhan tidak akan tampak baik. Karena perumahan-perumahan itu juga akan terkena dampak lingkungan yang berasal dari diluar lingkungan perumahan itu sendiri. Misalnya: udara, air tanah, saluran air, tempat pembuangan sampah, dsb. Kalaupun maksudnya tercapai hal ini hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang yang mampu saja. Bagaimana dengan orang kebanyakan? Apakah mereka tidak berhak untuk memikmati lingkungan dan alam yang baik?

Saya pikir semua orang Indonesia berhak menikmati lingkungan dan alam yang baik.

Apa yang saya maksud dengan lingkungan dan alam disini adalah:
  1. Lingkungan adalah lingkungan hidup bagi manusia yang layak dan sehat. Dimana manusia itu telah memiliki kesadaran yang baik untuk menjaga lingkungannya sendiri dari kotoran, penyakit, polusi dan tindakan lainnya yang dapat berakibat buruk terhadap lingkungannya.
  2. Alam adalah perpaduan dari berabagai macam lingkungan yang terbentuk scara alami dan yang dibentuk oleh manusia karena kebutuhannya.
Saat ini akibat perkembangan penduduk yang begitu pesat, dan penduduk ini harus memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup maka sering sekali lingkungan dan alam yang menjadi korban. Negara pada saat ini tidak berbuat banyak didalam melakukan pencegahan. Akibatnya, negara kita (Indonesia) semakin jauh terpeosok ke jurang kerusakan lingkungan dan alam. Yang sepertinya semakin hari semakin sulit untuk diperbaiki.

Yang menarik adalah bahwa manusia Indonesia yang tadinya sangat dikenal dengan keramah tamahannya diseluruh dunia, hari ini sangat terkenal ganas dan tidak toleran satu sama lainnya. Apakah hal itu juga ada hubungannya dengan kerusakan lingkungan dan alam? Yang jelas manusia berperan aktif teradap apa yang terjadi terhadap lingkungan dan alamnya.

Apakah ini hanya "Sebuah Mimpi Menjadikan Indonesia Negara Yang Peduli Terhadap Lingkungan Dan Alam?"

Mohon masukan dari anda.
Bagaimanakah lingkungan dan alam yang ideial bisa dibentuk untuk manusia Indonesia


Terima kasih

Salam Hijau
Anugerah Gunandar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar